Soal Latihan Masuk PTN

01. bioteknologi berhubungan dengan kegiatan
(A) Sintesis mikroba
(B) sintesis hormon
(C) fermentasi sel
(D) rekayasa genetika
02. kegiatan berikut ini yang merupakan bioteknologi adalah
(A) memanfaatkan kemampuan mikroorganisme
(B) melakukan biremediasi merkuri dalm sungai yang mengalami pencemaran logam berat
(C) melibatkan mikrobiologi, biokimia, genetika, tekhnik kimia dan rekayasa
(D) menggunakan metode fermentasi untuk mengubah karbohidrat menjadi alkohol
03. Dengan teknik penyisipan gen pembentuk insulin, sel bakteri mampu menghasilkan hormon insulin
SEBAB
Gen pembentuk insulin pada sel pankreas manusia dapat disisipkan pada plamit bakteri secara teknik penyisipan gen
04. vektor yang umum digunakan dalam rekayasa genetika adalah
(A) mitokondria
(B) kromosom
(C) plasmid
(D) kloroplas
(E) ribosom
05. plasmid dapat digunakan sebagai vektor atau pembawa ruas DNA dalam teknik DNA rekombinan
SEBAB
plasmid adalah untaian DNA berbentuk lingkaran yang terdapat pada sel bakteri di luar kromosom
06. dengan teknik penyisipan gen, sel bakteri mampu menghasilkan hormone insulin
SEBAB
gen yang mengkode insulin dari sel pancreas manusia dapat disisipkan pada plasmid bakteri
07. rekayasa genetika dapat dilakukan dengan mengganti materi genetik sel mikroba dengan materi genetik lain yang diinginkan. Agar materi genetik lain tadi dapat mengambil alih metabolisme sel mikroba, materi genetik sel mikroba yang digantu tersebut adalah
(A) rRNA
(B) mRNA
(C) tRNA
(D) DNA
08. penelitian-penelitian yang berkaitan dengan rekayasa genetika tidak dapat lepas dari kerja potong-memotong DNA. Untuk memotong DNA dalm kegiatan ini digunakan
(A) gunting mikro
(B) pisau mikro
(C) sinar laser
(D) enzim
(E) mikrotom
09. enzim ensdonuklease dan ligase digunakan untuk menysusn molekul DNA rekombinan dalam rekayasa genetik
SEBAB
enzim-enzim tersebut berfungsi memotong dan menyambung molekul DNA
10. endonuklease restriksi dapat digunakan bakteri untuk melindungi diri terhadap infeksi virus
SEBAB
endonuklease restriksi memotong-motong DNA virus menjadi potongan yang tidak membahayakan
11. sel-sel yang diperoleh dengan cara peleburan dua tipe sel somatik hasil isolasi dari jaringan yang berbeda menjadi satu sel tunggal disebut
(A) zigot
(B) sel diklon
(C) khimera
(D) sel hasil rekombinasi
(E) hibridoma
12. sel-sel hibridoma adlah hasil karya bioteknologi yang bertujuan untuk menghasilkan
(A) antibodi monoklonal
(B) antibody polyklonal
(C) hormon
(D) vaksin
13. produksi antibody monoclonal yang merupakan hasil peanfaatn salah satu cabang bioteknologi, yaitu
(A) teknologi enzim
(B) teknologi hibridoma
(C) teknologi DNA rekombinan
(D) teknologi reproduksi
(E) kultur jaringan
14. antibodi monoclonal mempunyai kemampuan mendiagnosis dan mengobati penyakit lebih kuat dibandingkan antibodi multiklonal
SEBAB
antibodi mempunyai kekhususan dalam mengenali satu jenis antigen saja
15. spirulina dapt digunakan sebagai alternatif sumber makanan di masa mendatang
SEBAB
spirulina adalah ganggang hijau yang mudah dibudidayakan
16. ragi yang dapat diguanakan untuk pembuatan protein sel tunggal sebagai suplemen pakan ternak adalah
(A) candida albicans
(B) candida utilis
(C) Trichoderma reesei
(D) Saccharomyces cerevisiae
17. teknik kultur jaringan sering digunakan untuk memperoleh tanaman dalam jumlah banyak dengan sifat-sifat yang sama. Jaringan berikut yang sel-sel penyusunnya memiliki daya totipotensi paling tinggi adalah
(A) mesofil
(B) Parenkim
(C) Meristem
(D) Empulur
(E) korteks
18. kualitas tanah dan air dapat diperbaiki dari pencemaran dengan menggunakan jasad hidup umumnya mikroba
SEBAB
bakteri kemolitotrof dapat mengambil dan memindahkan ion-ion logam beracun dan dapat bermanfaatdalam memindahkan polutan dari limbah
19. bakteri yang banyak digunakan untuk memisahkan tembaga dari campuran berbagai macam logam berasal dari genus
(A) thiobacillus
(B) pseudomonas
(C) acetobacter
(D) lactobacillus
(E) streptococcus
20. bahan radioisotop dapat digunkan sebagai bahan perunut dalam sistem biologi
SEBAB
bahan radioisotop mempunyai pancaran radiasi yang dapat di deteksi


Glossary Biology


abiogenesis
Early theory that held that some organisms originated from nonliving material.

abnormal hemoglobin
Hemoglobin molecule with a different shape due to an altered amino acid sequence (ultimately caused by an altered DNA base sequence), such as in the inherited disease sickle-cell anemia.

abscisic acid 
A plant hormone that promotes dormancy in perennial plants and causes rapid closure of leaf stomata when a leaf begins to wilt.

absolute time
One of the two types of geologic time (relative time being the other), with a definite age date established mostly by the decay of radioactive elements, although ages may also be obtained by counting tree rings, decay of a specific type of atom, or annual sedimentary layers (such as varves in lakes or layers in a glacier). The term is in some disfavor because it suggests an exactness that may not be possible to obtain.

absorption
The process by which the products of digestion are transferred into the body's internal environment, enabling them to reach the cells.

absorptive feeders 
Animals such as tapeworms that ingest food through the body wall.

acetylcholine 
Chemical released at neuromuscular junctions that binds to receptors on the surface of the plasma membrane of muscle cells, causing an electrical impulse to be transmitted. The impulse ultimately leads to muscle contraction.

acetyl CoA 
An intermediate compound formed during the breakdown of glucose by adding a two-carbon fragment to a carrier molecule (Coenzyme A or CoA).

acid 
A substance that increases the number of hydrogen ions in a solution.

acid rain 
The precipitation of sulfuric acid and other acids as rain. The acids form when sulfur dioxide and nitrogen oxides released during the combustion of fossil fuels combine with water and oxygen in the atmosphere.

acoelomates 
Animals that do not have a coelom or body cavity; e.g., sponges and flatworms.

acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) 
A collection of disorders that develop as a result of infection by the human immunodeficiency virus (HIV), which attacks helper T cells, crippling the immune system and greatly reducing the body's ability to fight infection; results in premature death brought about by various diseases that overwhelm the compromised immune system. 

actin 
The protein from which microfilaments are composed; forms the contractile filaments of sarcomeres in muscle cells.

action potential 
A reversal of the electrical potential in the plasma membrane of a neuron that occurs when a nerve cell is stimulated; caused by rapid changes in membrane permeability to sodium and potassium.

active transport 
Transport of molecules against a concentration gradient (from regions of low concentration to regions of high concentration) with the aid of proteins in the cell membrane and energy from ATP. PICTURE

adaptation 
Tendency of an organism to suit its environment; one of the major points of Charles Darwin's theory of evolution by natural selection: organisms adapt to their environment. Those organisms best adapted will have a greater chance of surviving and passing their genes on to the next generation.

adaptive radiation 
The development of a variety of species from a single ancestral form; occurs when a new habitat becomes available to a population. Evolutionary pattern of divergence of a great many taxa from a common ancestral species as a result of novel adaptations or a recent mass extinction. Examples: mammals during the Cenozoic Era after the extinction of dinosaurs at the close of the Mesozoic Era flowering plants during the Cretaceous Period diversified because of their reproductive advantages over gymnosperm and non-seed plants that dominated the floras of the world at that time.

adenine 
One of the four nitrogen-containing bases occurring in nucleotides, the building blocks of the organic macromolecule group known as nucleic acids (DNA and RNA). Adenine is also the base in the energy carrying molecule ATP (adenosine triphosphate) which is the energy coin of the cell.

adenosine diphosphate (ADP) 
Lower energy form of ATP, having two (instead of the three in ATP) phosphhate groups attached to the adenine base and ribose sugar.

adenosine triphosphate (ATP) 
A common form in which energy is stored in living systems; consists of a nucleotide (with ribose sugar) with three phosphate groups. The energy coin of the cell.

adhesion 
The ability of molecules of one substance to adhere to a different substance.

adrenocorticotropic hormone (ACTH) 
 A hormone produced by the anterior pituitary that stimulates the adrenal cortex to release several hormones including cortisol.

adventitious roots 
Roots that develop from the stem following the death of the primary root. Branches from the adventitious roots form a fibrous root system in which all roots are about the same size; occur in monocots.

age structure 
The relative proportion of individuals in each age group in a population.

aggregates Fairly random associations of animals with little or no internal organization; form in response to a single stimulus and disperse when the stimulus is removed; one of the three broad classes of social organization.

albinism 
Genetic condition caused by the body's inability to manufacture pigments; an autosomal recessive trait.

aldosterone 
A hormone secreted by the adrenal glands that controls the reabsorption of sodium in the renal tubule of the nephron.

alleles Alternate forms of a gene.

allergens  
Antigens that provoke an allergic reaction.

alpha decay 
Type of radioactive decay in which a radioisotope emits a large but slow-moving particle consisting of two protons and two neutrons.

alternation of generations A life cycle in which a multicellular diploid stage is followed by a haploid stage and so on; found in land plants and many algae and fungi.

altitudinal gradient
As altitude increases, a gradient of cooler, drier conditions occurs.

alveoli 
Tiny, thin-walled, inflatable sacs in the lungs where oxygen and carbon dioxide are exchanged.

amensalism
A symbiotic relationship in which members of one population inhibit the growth of another population without being affected.

amino acids
The subunits (monomers) from which proteins (polymers) are assembled. Each amino acid consists of an amino functional group, and a carboxyl acid group, and differs from other amino acids by the composition of an R group.

amino acid sequence
Also known as the primary structure of a protein/polypeptide; the sequence of amino acids in a protein/polypeptide controlled by the sequence of DNA bases.

amniocentesis 
A method of prenatal testing in which amniotic fluid is withdrawn from the uterus through a needle. The fluid and the fetal cells it contains are analyzed to detect biochemical or chromosomal disorders.

amniote egg 
An egg with compartmentalized sacs (a liquid-filled sac in which the embryo develops, a food sac, and a waste sac) that allowed vertebrates to reproduce on land.

amoebocytes
Amoeboid cells in sponges that occur in the matrix between the epidermal and collar cells. They transport nutrients.

amphibians 
Class of terrestrial vertebrates which lay their eggs (and also mate) in water but live on land as adults following a juvenile stage where they live in water and breathe through gills. Amphibians were the first group of land vertebrates; today they are mostly restricted to moist habitats.

anabolic reactions
Reactions in cells in which new chemical bonds are formed and new molecules are made; generally require energy, involve reduction, and lead to an increase in atomic order.

anaerobic Refers to organisms that are not dependent on oxygen for respiration.

analogous structures
Body parts that serve the same function in different organisms, but differ in structure and embryological development; e. g., the wings of insects and birds.

anaphase
Phase of mitosis in which the chromosomes begin to separate.

anaphylactic
shock See anaphylaxis.

anaphylaxis 
A severe allergic reaction in which histamine is released into the circulatory system; occurs upon subsequent exposure to a particular antigen; also called anaphylactic shock.

androecium
Collective term applied to all of the male (stamen) parts of the flower.

aneuploidy
Variation in chromosome number involving one or a small number of chromosomes; commonly involves the gain or loss of a single chromosome.

angina
Chest pain, especially during physical exertion or emotional stress, that is caused by gradual blockage of the coronary arteries.

angiosperms 
Flowering plants. First appearing at least 110 million years ago from an unknown gymnosperm ancestor, flowering planbts have risen to dominance in most of the world's floras. The male gametophyte is 2-3 cells contained within a pollen grain; the female gametophyte is usually eight cells contained within an ovule which is retaind on the sporophyte phase of the plant's life cycle.


Animalia Animal Kingdom. 
Multicellular eukaryotic group characterized by heterotrophic nutritional mode, usually organ and tissue development, and motility sometime during the organism's life history.

annuals
Plants that grow and reproduce sexually during one year.

antagonistic muscles
A pair of muscles that work to produce opposite effects&emdash;one contracts as the other relaxes: for example, the bicep and tricep muscles on opposite sides of your upper arm.

anther
The top of a stamen's filament; divided into pollen sacs in which the pollen grains form.

antibiotics 
Substances produced by some microorganisms, plants, and vertebrates that kill or inhibit the growth of bacteria.

antibiotic resistance
Tendency of certain bacteria to develop a resistance to commonly over-used antibiotics.

antibodies
Proteins produced by immune system cells that bind to foreign molecules and microorganisms and inactivate them. 

antibody-mediated immunity
Immune reaction that protects primarily against invading viruses and bacteria through antibodies produced by plasma cells; also known as humoral immunity.

anticodon
A sequence of three nucleotides on the transfer RNA molecule that recognizes and pairs with a specific codon on a messenger RNA molecule; helps control the sequence of amino acids in a growing polypeptide chain.
antidiuretic hormone (ADH) 
A hormone produced by the hypothalamus and released by the pituitary gland that increases the permeability of the renal tubule of the nephron and thereby increases water reabsorption; also known as vasopressin.

antigenic determinant 
The site on an antigen to which an antibody binds, forming an antigen-antibody complex.

antigens 
Molecules carried or produced by microorganisms that initiate antibody production; mostly proteins or proteins combined with polysaccharides.


antinutrients
Chemicals produced by plants as a defense mechanism; inhibit the action of digestive enzymes in insects that attack and attempt to eat the plants.

anus
The posterior opening of the digestive tract.

aorta 
The artery that carries blood from the left ventricle for distribution throughout the tissues of the body. The largest diameter and thickest walled artery in the body.

apical meristem 
 A meristem (embryonic tissue) at the tip of a shoot or root that is responsible for increasing the plant's length.

apnea 
A disorder in which breathing stops for periods longer than 10 seconds during sleep; can be caused by failure of the automatic respiratory center to respond to elevated blood levels of carbon dioxide.

apocrine glands 
Sweat glands that are located primarily in the armpits and groin area; larger than the more widely distributed eccrine glands.

appendicular skeleton
The bones of the appendages (wings, legs, and arms or fins) and of the pelvic and pectoral girdles that join the appendages to the rest of the skeleton; one of the two components of the skeleton of vertebrates.

appendix 
Blind sac at the end of the large intestine that usually ruptures during final exams; a vestigial organ in humans.

Archaea 
Proposed, but not widely accepted, sixth taxonomic kingdom that would include the archaebacteria.
Archaebacteria Ancient (over 3.5 billion years old) group of prokaryotes; some biologists want to place this group into a separate Kingdom, the Archaea. Most currently place it within the Kingdom Monera.

archaeocyathids
An extinct group of animals that were part of Cambrian-aged reef environments, but which were extinct by the close of the Cambrian Period.

Archean/Proterozoic Era
The period of time beginning 4.6 billion years ago with the formation of the Earth and ending 570 million years ago.

aridity 
The condition of receiving sparse rainfall; associated with cooler climates because cool air can hold less water vapor than warm air. Many deserts occur in relatively warm climates, however, because of local or global influences that block rainfall.

arrector pili 
A muscle running from a hair follicle to the dermis. Contraction of the muscle causes the hair to rise perpendicular to the skin surface, forming "goose pimples."

arteries
Thick-walled vessels that carry blood away from the heart. Singular=artery.

arterioles 
The smallest arteries; usually branch into a capillary bed.

artificial selection
The process in which breeders choose the variants to be used to produce succeeding generations.

ascomycetes
Division of fungi that contains the yeasts and morels; ascomycetes produce an ascus (or sac) in which ascospores are produced.

ascus
Structure produced by sac fungi in which sexual ascospores develop.

asexual reproduction
A method of reproduction in which genetically identical offspring are produced from a single parent; occurs by many mechanisms, including fission, budding, and fragmentation.

assortment
A way in which meiosis produces new combinations of genetic information. Paternal and maternal chromosomes line up randomly during synapsis, so each daughter cell is likely to receive an assortment of maternal and paternal chromosomes rather than a complete set from either.

aster 
Short fibers produced by cells during mitosis and meiosis. These radiate from the centriole (if it is present).

asteroid impacts
Hypothesis that links certain mass extinction events with the impact of a comet or asteroid, most notably the mass extinction 65 million years that caused the disappearance of dinosaurs and many other reptilian groups. Asteroid impacts early in earth history also contributed to the formation of the atmosphere and oceans.


asthma
A respiratory disorder caused by allergies that constrict the bronchioles by inducing spasms in the muscles surrounding the lungs, by causing the bronchioles to swell, or by clogging the bronchioles with mucus.


asymmetrical
In animals, a term referring to organisms that lack a general body plan or axis of symmetry that divides the body into mirror-image halves.


atmosphere
The envelope of gases that surrounds the Earth; consists largely of nitrogen (78%) and oxygen (21%).

atom
The smallest indivisible particle of matter that can have an independent existence.

atomic number
The number of protons in the nucleus of an atom.

atomic weight
The sum of the weights of an atom's protons and neutrons, the atomic weight differs between isotopes of the same element.

atrioventricular 
(AV) node Tissue in the right ventricle of the heart that receives the impulse from the atria and transmits it through the ventricles by way of the bundles of His and the Purkinje fibers.

atrioventricular 
(AV) valve The valve between each auricle and ventricle of the heart.

auricle
The chamber of the heart that receives blood from the body returned to the heart by the veins. Also referred to as atrium.

autonomic system T
he portion of the peripheral nervous system that stimulates smooth muscle, cardiac muscle, and glands; consists of the parasympathetic and sympathetic systems.

autosomes 
The chromosomes other than the sex chromosomes. Each member of an autosome pair (in diploid organisms) is of similar length and in the genes it carries.

autotrophic 
Refers to organisms that synthesize their nutrients and obtain their energy from inorganic raw materials.

autotrophs 
Organisms that synthesize their own nutrients; include some bacteria that are able to synthesize organic molecules from simpler inorganic compounds.

auxins 
A group of hormones involved in controlling plant growth and other functions; once thought responsible for phototropism by causing the cells on the shaded side of a plant to elongate, thereby causing the plant to bend toward the light.

axial skeleton 
The skull, vertebral column, and rib cage; one of the two components of the skeleton in vertebrates.

axillary buds 
Buds borne in the axil (where the leaf meets the stem) of a stem.

axons 
Long fibers that carry signals away from the cell body of a neuron.

Soal Latihan Animalia



1. Dunia hewan (Animalia) memiliki persamaan cirri dengan dunia jamur (Fungi) dalam hal berikut ini, kecuali a. Eukariot
b. Heterotrof
c. multiseluler
d. Tidak memiliki klorofil
e. Memiliki emmbran sel
2. Anggota Arthopoda yang memiliki rangka luar, tidak bersayap kepala menyatu dengan dada, dan bernapas dengan insang termasuk dalam kelas ....
a. Crustacea
b. Sista
c. Arachida
d. Serkaria
e. Pupa
3. Suatu hewan memilikiciri-ciri triploblastik aselomata dalam perkembangan embrionya. Pernyataan yang tidak sesuai dengan cirri tersebut adalah ….
a. Memiliki lapisan embrional ectoderm, mesoderm dan endoderm
b. Terdapat rongga yang membagi mesoderm menjadi dua bagian
c. Terdapat rongga antara endoderm dan mesoderm
d. Rongga tubuh yang terbentuk dinamakan rongga semu
e. Struktur tubuh lebih kompleks daripada hewan diploblastik
4. Penyakit Filariasis adalah penyakit yang disebabkan oleh ....
a. Wucheria bancrofti
b. Trichinella spiralis
c. Taenia saginata
d. Taenia solium
e. Fasciola hepatica
5. Ciri-ciri invetebrata sebagai berikut.
1. Tubuhnya simetris bilateral
2. Diploblastik
3. Memiliki rangka
4. Pencernaan intraseluler
5. Memiliki sistem saraf berupa sistem saraf diffuse..
6. Reproduksi aseksual dengan budding
Ciri filum porifera adalah ....
a. 1, 2, 3
b. 2, 3, 4
c. 4, 5, 6
d. 1, 3, 5
e. 3, 4, 6
6. Ubur-ubur atau Aurelia merupakan binatang laut yang termasuk dalam glongan ....
a. Echinodermata
b. Mollusca
c. Porifera
d. Coelenteraa
e. Protozoa
7. Pencernaan makanan pada porifera terjadi di ....
a. A
b. B
c. C
d. D
e. E
8. Cacing palolo yang dapat dimakan termasuk dalam kelas....
a. Polychaeta
b. Treamatoda
c. Oligochaeta
d. Turbellaria
e. Cestoda
9. Spongia yag dapat digunakan sebagai spons mandi tergolong dalam kelas ....
a. Hexactinellida
b. Hylospongiae
c. Demospongiae
d. Calcarea
e. Calcispongiae
10. Larva cacing yang hidup pada tubuh sapi adalah
a. Planaria
b. Fasciola hepatica
c. Ascaris lumbricoides
d. Taenia solium
e. Taenia saginata
11. Salah satu contoh porifera yang rangkanya tersusun dari silika adalah ....
a. Sycon
b. Leucosolenia
c. Spongia
d. Hipospongia
e. Euplectella
12. Berikut adalah ciri-ciri mammalia.
1. Hewan menyusui
2. Mempunyai 5 jari
3. Ibu jari dapat digerakkan ke arah berlawanan.
4. Berkuku cekung
Ciri diatas dimiliki oleh ordo ....
a. Monotremata
b. Marsupialia
c. Dermatoptera
d. Insectivora
e. Primata
13. Amoebosit pada porifera berfungsi untuk ....
a. Pelindung
b. Saluran air
c. Mengedarkan sari makanan
d. Penopang tubuh
e. Menangkap makanan dari spongosol
14. Kelas calcarea mempunyai spikula berupa ....
a. SiO
b. Serabut spongin
c. Spons tanpa spikula
d. CaCO3
e. Spons dengan spikula
15. Klasifikasi porifera menajdi tiga klas, yaitu Hexactinlleda, Demospongiae, dan Calcarea adalah berdasarkan ....
a. Tipe saluran air
b. Jenis habitat
c. Jenis mangsa
d. Cara reproduksi
e. Bahan penyusun rangka
16. Knidoblast pada coelenterata terdapat pada bagian ....
a. Epidermis
b. Endodermos
c. Gastrodemis
d. Mesoglea
e. Gastrovaskuler
17. Coelenterata memiliki ciri-ciri berikut, kecuali ….
a. Eumetazoa
b. Diploblastik
c. Berbentuk polip dan / medusa
d. Memiliki gastrosol
e. Hidup secara autotrof
18. Dibawah ini fase dari Obelia:
1. Medusa
2. Polip
3. Planula
4. Zigot
Urutan daur hidup obelia adalah....
a. 1, 2, 3 dan 4
b. 1, 3, 4 dan 2
c. 2, 1, 4 dan 3
d. 2, 4, 3, dan 1
e. 3, 4, 2, dan 1
19. Coelenterata melumpuhkan mangsa aau musuhnya denga sel penyengat yang terdapat pada ....
a. Gastrosol
b. Tentakel
c. Mesoglea
d. Kerangka
e. Mulut
20. Perkembangan secara aseksual dapat dilakukan dengan memisahkan bagian ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
21. Coelenterata yang dapat mnghasilkan kerangka luar dengan membentuk karang tergolong dalam kelas ....
a. Hydrozoa
b. Scypozoa
c. Anthozoa
d. Cnidaria
e. Obelia
22. Pada sayatan melintang cangkok kerang akan tampak lapisan-lapisan yang urutannya dari luar kedalam adalah ....
a. Nakreas-perioskrakum-prismatik
b. Nakreas- prismatik- perioskrakum
c. prismatik - nakreas- Perioskrakum
d. Perioskrakum- prismatik- nakreas
e. Perioskrakum- nakreas- prismatik
23. Manfaat coelentrata dalam ekosistem adalah ....
a. Melindungi pantai dan erosi
b. Sebagai bahan penggosok
c. Menunjukkan tempat minyak bumi
d. Sebagai bahan isolator dinamit
e. Sebagai bahan makan
24. Holometabola atau metamorfosis sempurna melalui tahap-tahap ....
a. Telur, larva, imago, pupa
b. Telur, nimfa, imago
c. Telur, larva, pupa, imago
d. Telur, imago, nimfa
e. Telur, imago, pupa, larva
25. Polip dan medusa berbeda dalam ciri berikut, kecuali ....
a. Bentuk tubuh
b. Pergerakan
c. Cara reproduksi
d. Adanya tentakel
e. Posisi mulut
26. Berikut hewan-hewan yang merupakan Arthroproda:
1. udang
2. lebah
3. kalejengking
4. kutu buku
5. lobster
6. laba-laba
7. nyamuk
8. kepiting
9. keluwung
10. tungai
 hewan yang tergolong dalam Archnoida adalah ....
a. 1, 3 dan 5
b. 2, 7 dan 8
c. 3, 6 dan 10
d. 4, 6 dan 9
e. 6, 8 dan 9
27. Salah satu cacing pipih (Platyhelminthes) yang parasit pada manusia adalah cacing pita (taenia sagnita dan taenia solium).
Cara paling efektif untuk menghindari infeksi cacing tersebut adalah ….
a. Selalu memakai alas kaki kalau ke WC
b. Mencuci tangan sebelum makan
c. Tidak menggaruk anus yang gatal
d. Menghindari gigitan nyamuk
e. Memasak dengan matang daging yang dimakan
28. Hewan Arthropoda yang bukan serangga adalah ....
a. Lebah madu
b. Undur-undur
c. Lalat buah
d. Kalajengking
e. Rayap
29. Anak-anak banyak yang mengalami infeksi cacingh perut (Ascaris lumbricoides) karena penularan cacing ini adalah dengan cara ....
a. Menembus pori-pori kulit
b. Telur yang terbawa dari makanan atau minuman
c. Daging yang tidak dimasak dengan baik
d. Terbawa infeksi dari ibunya sejak lahir
e. Terinfeksi melalui gigitan nyamuk
30. Binatang laut (Asteroidea) bernapas melalui ....
a. Sistem ambulakral dan papula
b. Insang trakea
c. Paru-paru buku
d. Insang trakea dan paru-paru buku
e. Sistem ambulakral dan insang trakea
31. Seorang anak kecil sering manggaruk anusnya karena gatal dan oleh dokter diidentifikasi karena ada infeksi cacing. Cacing yang menginfeksi anak tersebut adalah ....
a. Ascaris lumbricoides
b. Taenia saginata
c. Oxiyuris vermicularis
d. Wuchereria bancrofti
e. Ancylastomo duodeanale
32. Bagian ... merupakan kepala cacing pita.
a. Faring
b. Proglotid
c. Skoleks
d. Radula
e. Stilet
33. Misalkan kita menemukan Arthoropoda dengan ciri-ciri berikut :
- Kaki jalan berjumlah lima pasang
- Tubuh terdiri dari sefalotoraks dan abdomen
- Antena dua pasang
- Eksoskeloton tersusun dari kitin
- Bernapas denga insang
- Hewan tersebut termasuk kelas ....
a. Incesta
b. Crustacea
c. Arachnoidea
d. Myriapoda
e. Chilopoda
34. Gambar bawah ini merupakan hewan hermafrodit, artinya ....
a. Organ kelamin jantan dan betina dalam satu tubuh
b. Organ kelamin jantan dan betina terpisah
c. Fertilisasi diluar tubuh
d. Fertilisasi didalam tubuh
e. Menghasilkan keturunan tanpa fertilisasi
35. Berikut ini adalah ciri-ciri mollusca
- Tubuhnya lunak
- Cangkang berbentuk kerucut terpilin
- Bergerak mnggunakan kaki perut
- Memiliki dua pasang antena
Hewan Mollusca diatas termasuk kelas ....
a. Amphineura
b. Scaphopoda
c. Cephalopoda
d. Gastropoda
e. Pelecypoda
36. Kerang sering digolongkan kedalam kelompok yang diberi nama yang berbeda karena menggunakan dasar ciri yang berbeda. Berikut ini adalah hubungan yang benar antara nama dan cirinya ....
a. Pelecypoda, karena kakinya berbentuk pipih
b. Bivalva, karena insangnya dua
c. Lamellibranchiata, karena insangnya pipih
d. Pelecypoda, karena kakinya berlapis-lapis.
e. Bivalvia, karena kakinya sepasang
37. Benang untuk membuat jaring laba-laba berasal dari ....
a. Trakea
b. Spineret
c. Pedipalpus
d. Paru-paru buku
e. Kelisera
38. Tipe mulut lalat rumah adalah....
a. Menjilat
b. Menusuk dan menghisap
c. Menggigit
d. Mengisap
e. Menggigit dan mengunyah
39. Insecta yang mengalami metamorfosis sempurna antara lain ....
a. Belalang (valanga sp)
b. Jangkrik (gryllus sp)
c. Wereng (nelaporvata)
d. Lebah madu (apis mellifora)
e. Lalat buah (drosophila melanogaster)
40. Jumlah kaki merupakan ciri yang penting dalam mengelompokan filum Arthropoda menjadi beberapa kelas.
Perhatikan gambar hewan berikut ini.
Berdasarkan jumlah kakinya hewan termasuk kelas ....
a. Insecta
b. Archnoidea
c. Crustacea
d. Chylopoda
e. Diplopoda
41. Echi nodermata yang tubuhnya tidak memiliki lengan adalah....
a. Holothuroidea dan asteroidea
b. Aseroidea dan crinoidea
c. Echinoida dan holothuroidea
d. Asteroidea dan ophiuroidea
e. Ophiuroidea dan echinoidea
42. Annelida dan mollusca merupakan kelmpok hewan ....
a. Aselomata
b. Bersegmen
c. Simetri bilateral
d. Asimetri
e. Simetri radial
43. Dibawah ini adalah ciri-ciri cacing:
1. memiliki alat pengisap
2. parasit dalam tubuh vetebrata
3. inang perantaranya adalah siput air
4. inang perantaranya adalah sepi
5. lavarnya bersilia yang disebut mirasidium
Cri-ciri yang dimiliki oleh cacing fasciola hepatica adalah ....
a. 1, 2, 3 dan 4
b. 1 ,2, 3 dan 5
c. 2, 3, 4 dan 5
d. 1, 2, 4 dan 5
e. 1, 3, 4 dan 5
45. Filum berikut yang semua anggotanya bersifat triploblastik dan memiliki rongga tubuh yang sebenarnya ádalah ….
a. Filum porifera
b. Filum annelida
c. Filum coelenterata
d. Filum paltyhelminthes
e. Filum nemathelminathes
46. Status makhluk hidup memiliki ciri-ciri:
· Memiliki tulang belakang
· Bersipat ovipar
· Bernapas dengan paru-paru
· Rangka berupa endoskeleton
· Tubuh bersisik
Makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri diatas termasuk dalam tingkat klasifikasi ….
a. Kelas osteichthyes
b. Kelas mammalia
c. Kelas reptilia
d. Kelas amphibia
e. Kelas aves
47. Ikan hiu berada dengan ikan mujair. Perbedaan keduanya sehingga dimasukan dalam filum yang berbeda adalah ....
a. Tipe alat pernapasannya
b. Cara bereproduksinya
c. Cara memperoleh makanan
d. Tipe rangka tubuhnya
e. Sistem peredaran darah
48. Amphibia adalah vertebrata yang hidup di dua alam, yaitu di air dan didarat. Yang dimaksud hidup di dua alam adalah ..
a. Dapat hidup di air dan di darat sama baiknya
b. Mengalami dua fase dengan hidup didarat dan di air
c. Akan hidup di air pada musim hujan dan hidup di darat pada musim kemarau
d. Hidup di air laut tetapi akan pindah ke air tawar pada saat berelur
e. Bernapasa dengan insang tetapi dapat hidup di darat
49. Hewan-hewan kelas mammalia memiliki beberapa persamaan ciri. Ciri hewan mammalia yang menunjukan nama mammalia adalah ....
a. Memiliki rambut
b. Memiliki daun telinga
c. Melahirkan anak
d. Memiliki kelenjar susu
e. Berdarah panas
50. Perhatikan gambar dibawah ini.
Hewan yang paling dekat hubungan kekerabatannya dalah....
a. 1 dan 2 karena sama-sama memiliki sayap
b. 1 dan 2 karena sama-sama bernapas dengan paru-paru
c. 3 dan 5 karena sama-sama hidup di air
d. 4 dan 5 karena sama-sama mmiliki sirip
e. 1 dan 3 karena sama-sama memiliki kelenjar susu.

Soal Latihan Ujian Masuk PTN


EKOLOGI

01. Bila kadar karbondioksida pada sebuah ekosistem menurun, organisme yang pertama kali menerima dampak negatifnya adalah
(A) pengurai
(B) karnivora
(C) herbivora
(D) konsumen
(E) produsen
02. Makhluk hidup yang mampu mengurai sampah organic yang berasal dari tumbuhan mati dan bangkai adalah
(A) Bakteri dan jamur
(B) Bakteri dan ganggang
(C) Jamur dan rayap
(D) Ganggang dan cacing tanah
(E) Cacing tanah dan ulat
03. berdasarkan kategori kehidupan pada ekosistem perairan, hewa yang aktif berenag tanpa terpe- ngaruh arus air dinamakan
(A) Nekton
(B) Pankton
(C) Neuston
(D) Bentos
(E) Perifiton
04. Kelompok tumbuhan sejenis yang hidup di sebidang sawah, berdasarkan konsep ekologi merupakan suatu
(A) Ekosistem
(B) Komunitas
(C) Populasi
(D) Spesies endemik
(E) Gulma
05. Suatu hutan di daerah tropis banyak ditumbuhi oleh pohon Soneratia Alba, dengan tutupan daun yang rimbun. Ekosistem tadi merupakan
(A) Hutan hujan tropis
(B) Hutan tropis yang sudah diganggu manusia
(C) Hutan bakau
(D) Hutan binaan untuk produksi kayu
(E) Hutan pantai
06. Adaptasi tumbuhan terhadap lingkungannya dengan cara menekan pertumbuhan daun tetapi memacu pertumbuhan akar, terdapat pada habitat
(A) Hutan basah
(B) Padang rumput
(C) Hutan gugur
(D) Hutan tropis kering
(E) Gurun
07. Pada ekosistem laut daerah yang komponen biotik tingkat produsennya paling banyak adalh daerah
(A) Abisal
(B) Batial
(C) Fotik
(D) Afotik
(E) Termoklin
08. Tujuan utama pendirian suaka margasatwa adalah
(A) Rekreasi
(B) Pendidikan
(C) Penelitian
(D) Pelestarian
(E) Estetika
09. Peningkatan kadar gas karbon di atmosfer yang berasal dari industri, kendaraan bermotor dan pemukina dapat menyebabkan
(A) Penurunan suhu udara
(B) Kenaikan suhu udara
(C) Penurunan intensitas cahaya matahari
(D) Terganggunya proses fotosintesa
(E) Terjadinya hujan asam
10. Iritabilita yang menanggapi rangsang berupa sentuhan disebut
(A) Fototropisme
(B) Tigmotropisme
(C) Hidrotropisme
(D) Kemotropisme
(E) Geotropisme
11. Jika suatu sistem air tawar tercemar insektisida, kadar terbesar penimbun bahan pencemar akan terdapat pada
(A) Air tawar
(B) Ikan kecil
(C) Fitoplankton
(D) Ikan besar
(E) Zooplankton
12. Vegetasi pantai dapat beradaptasi terhadap hamparan gelombang dengan
(A) Membentuk akar napas
(B) Membentuk geragih yang panjang
(C) Adanya daun-daun yang kecil
(D) Adanya akar pena yang kuat
13. Pencemaran lingkungan pada ekosistem perairan sungai terjadi akibat pembuangan limbah dari kegiatan
(A) Ruamh tangga
(B) Industri
(C) Pertanian
(D) Peternakan
14. Pemanasan global bumi dapat disebabkan oleh
(A) Lapisan CO2 di bumi yang meningkat tajam
(B) Panas bumi yang terperangkap oleh lapisan CO2
(C) Pencemaran dari pembakaran bahan bakar fosil
(D) Berkurangnya areal hutan
15. Efek rumah kaca yang sangat hebat dapat
(A) Menyebabkn perubahan cuaca
(B) Merusak lapisan ozon
(C) Menyebabkan peningkatan permukaan air laut
(D) Meningkatkan kadar karbondioksida udara
16. DDT adalah suatu pestisida yang berbahaya bagi lingkungan, karena sifatnya dapat membunuh hewan sasaran dan hewan bukan sasaran. Sifat DDT tersebut diantaranya adalah
(A) Sukar terurai
(B) Larut dalam lemak
(C) Terakumulasi pada tubuh organisme
(D) Larut dalam air
17. usaha intensifikasi pertanian yang hanya mengutamakan sistem irigasi dan penggunaaan insektisida dapat
(A) membunuh organisme bukan sasaran
(B) mengganggu keseimbangan lingkungan
(C) menimbulkan ledakan hama sekunder
(D) menurunkan kesuburan tanah
18. dari pengamatan terhadap tanaman yang tumbuh di tempat gelap atau kurang cahaya, terlihat adanya pertumbuhan yang cepat tetapi daunnya pucat. Keadaan ini terjadi karena
(A) kandungan air di tempat gelap lebih banyak
(B) auksin bekerja di tempat yang kurang cahaya
(C) di tempat yang kurang cahaya sama sekalai tidak terjadi fotosintesis
(D) terjadi klorosis pada tanaman di tempat gelap
19. fungsi hormon dormin berlawanan dengan fungsi hormon
(A) florigen
(B) auksin
(C) rhizokalin
(D) giberelin
20. daerah litoral kaya akan fitoplankton tetapi tidak dihuni oleh zooplankton,

SEBAB

Daerah litoral masih tergolong wilayah fotik


EVOLUSI

01. Air kaldu dalam tabung reaksi tertutup rapat, diapanaskan pada suhu 60 derajat celcius. Setelah dibiarkan selama satu minggu, ternyata timbul bakteri. Bakteri tersebut berasal dari
(A) air kaldu
(B) spora
(C) karbondioksida
(D) karbonhidrosa
(E) oksihemoglobin
02. Eksperimen pasteur dikembangkan untuk memperbaiki eksperimen spallanzani yang rangkaian percobaannya tidak memungkinkan masuknya elemen vital (gaya hidup) untuk mendorong terjadinya
(A) adaptasi
(B) regulasi
(C) reproduksi
(D) generation spontanae
(E) evolusi
03. Orang yang mengemukakan eknologi bahwa makhluk hidup yang pertama terjadi berasal dari reaksi kimia antara metana, ammonia, hidrogen dan uap air adalah
(A) Harold Urey
(B) Stanley Miller
(C) Louis Pasteur
(D) Lazzaro Spallanzani
(E) Francesco Redi
04. molekul organik yang merupakan hasil akhir dari percobaan Stanley Miller adalah
(A) Asam asetat
(B) Asam laktat
(C) Asam lemak
(D) Asam amino
(E) Asam nukleat
05. Bila suatu individu di dalam kromosomnya mempunyai gen yang berubah dari aslinya, maka perubahan gen semacam itu disebut
(A) adaptasi
(B) evolusi
(C) mutasi
(D) hibridisasi
(E) variasi
06. bila tidak ada kekuatan-kekuatan selektif atau mutasi, maka frekuensi suatu gen di dalam suatu populasi yang besar dari suatu generasi ke generasi lain akan
(A) bertambah
(B) berkurang
(C) tidak dapat dipredikasi
(D) kurang lebih sama
(E) berubah drastis
07. hal tersebut dibawah ini TIDAK DAPAT menyebabkan timbulnya spesie baru adalah
(A) isolasi
(B) domestikasi
(C) mutasi
(D) seleksi
(E) autogami
08. Daun kaktus yang tereduksi seperti duri-duri merupakan suatu bentuk penyesuaian terhadap lingkungan hidup di daerah gurun. Pendapat tersebut sejalan dengan yang dikemukakan oleh
(A) Wallace
(B) Lamarck
(C) Sutton
(D) Morgan
(E) Darwin
09. bila dikatakan bahwa lipas tumbuh dari sampah yang berasal dari dapur rumah tangga, hal ini bertentangan dengan faham yang dikemukakan oleh
(A) Francesco redi
(B) Lazzaro spallanzani
(C) Louis pasteur
(D) Aristoteles
10. teori tentang biogenesis didukung oleh
(A) Francesco redi
(B) Robert hooke
(C) Lazzaro Spallanzani
(D) Aristoteles
11. untuk membantah teori Generatio Spontanae dari Aristoteles, Louis Pasteur menggunakan pipa berleher angsa yang bertujuan agar
(A) tidak ada mikroorganisme di dalam pipa
(B) mikroorganisme terperangkap di dalam pipa
(C) air kaldu tidak berhubungan dengan udara
(D) air kaldu dapat berhubungan dengan udara luar
12. percobaan spallanzani dan pasteur mempunyai persamaan yaitu
(A) menggunakan kaldu sebagai medium
(B) menggunakan bentuk tabung yang sama
(C) bertujuan membuktikan ketidakbenaran teori abiogenesis
(D) memperoleh hasil yang sama
13. kerusakan kromosom ada beberapa macam diantaranya
(A) inversi
(B) mutasi
(C) deleksi
(D) suksesi
14. teori evolusi yang dikemukakan oleh Lamarck antara lain
(A) organ tubuh yang sering digunakan akan berkembang terus, sedang yang tidak digunakan akan tereduksi
(B) adanya variasi morfologi dalam satu keturunan
(C) perubahan organ tubuh yang dipengaruhi oleh lingkungan akan diwariskan
(D) adanya perjuangan spesies untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
15. fakta yang merupakan dasar bagi Darwin untuk mengembangkan teorinya tentang evolusi, misalnya :
(A) kemampuan berbiak dari organisme adalah besar, tetapi di alam populasinya konstan
(B) karena hidup di savana, jerapah selalu menjulurkan leher untuk mendapatkan makanannya
(C) dalam suatu populasi ada perbedaan di antara individunya
(D) manusia berkembang biak dari nenek moyang yang bentuknya menyerupai kera
16. Francesco redi adalah mendukung teori abio genesis yang dikemukakan Aristoteles

SEBAB

Percobaan Francesco redi membuktikan bahwa makhluk hidup berasal dari daging yang busuk

17. Berdasarkan teori Oparin, organisme fotosintetik merupakan organisme yang pertama kali muncul di planet bumi

SEBAB
Organisme fotosintetik secara tidak langsung melindungi kehidupan di bumi dari sengatan sinar ultraviolet

18. menurut Darwin seleksi alam merupakan penyebab terjadinya evolusi

SEBAB

seleksi alam terjadi terutama karena proses mutasi

19. Terbentuknya spesies baru dapat disebabkan oleh adanya isolasi reproduksi

SEBAB

Isolasi reproduksi dapat terjadi akibat pemisahan populasi secara ekologis

Soal Latihan Ujian Nasional IPA SMP

Ujian Nasional tingkat SMP tinggal beberapa hari lagi.  Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional. Untuk membantu menguasai soal-soal UN SMP pelajaran IPA, disini saya kasih soal-soal prediksi UN SMP pelajaran IPA tahun 2012. Soal tersebut sudah saya sesuaikan dengan SKL tahun 2012. Selamat belajar dan selalu berdoa kepada Allah dan semoga bisa lulus Ujian Nasional SMP 2012 dengan nilai yang memuaskan. Dan semoga Anda mendapat ilmu yang berkah yang bisa membawa manfaat bagi Anda sendiri dan tentunya buat orang lain. Dan jangan lupa bagikanlah  ilmu yang Anda dapatkan selama Anda sekolah di SMP kepada yang lain agar ilmu Anda terus bertambah dan jangan lupa selalu ingat guru-guru yang telah membimbing Anda.

SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL SMP PELAJARAN IPA

Rangkuman Animalia

ANIMALIA


Ciri Umum:

a. Bersifat eukariotik, multiseluler, dan heterotroph

b. Tidak mempunyai dinding sel

c. Umumnya dapat bergerak aktif

Klasifikasi:


Dibedakan menjadi phylum:

1. Porifera

2. Coelenterate

3. Platyhelminthes

4. Nemahelminthes

5. Annelida

6. Mollusca

7. Arthropoda

8. Echinodermata

9. Chordata

A. Porifera

1. Ciri:
Disebut hewan berpori (spons) karena banyak memiliki lubang masuknya air yang disebut ostia dan lubang keluarnya air yang disebut oskulum. Ostia – spongosol – oskulum membentuk system saluran air yang berfungsi untuk memperoleh makanan dan oksigen.

Dinding tubuh tersusun atas dua lapis sel, yaitu bagian luar tersusun atas sel-sel pinakosit yang berfungsi untuk pelindung dan bagian dalam yang tersusun atas sel-sel koanosit, yaitu sel-sel yang berbentuk botol dan mempunyai flagel. Lapisan koanosit berfungsi mengalirkan air, menangkap bahan makanan dan mencernanya.


2. Reproduksi

Reproduksi secara aseksual terjadi melalui pembentukan tunas (gemmule), sedangkan reproduksi secara seksual terjadi melalui peleburan gamet jantan dengan betina. Porifera bersifat hermafrodit tetapi dalam proses perkembangbiakannya tetap membutuhkann individu lainnya.


3. Klasifikasi

Porifera dapat dibedakan menjadi tiga kelas, yaitu Calcarea (mempunyai rangka dari zat kapur). Hexactinellia (mempunyai rangka dari zat kersik atau silikat). Demospongia (mempunyai rangka dari zat sponging atau spongin dengan silikat).

Beberapa anggota kelas demonspongia bisa dimanfaatkan sebagai alat gosok



B. Coelenterata

1. Ciri

a. Bentuk tubuh simetris radial dan memiliki rongga di bagian tengah tubuh (gastrovaskular). Rongga gastrovaskular berfungsi sebagai alat pencernaan. Di bagian ujung tubuh terdapat mulut yang dilengkapi dengan tentakel yang berfungsi untuk menangkap dan memasukkan bahan makanan. Beberapa tentakelnya ada yang dilengkapi dengan sel knidoblas yang mengandung racun atau sengat (nematokis).

b. Dinding tubuh tersusun atas dua lapisan sel (diploblastic) yaitu ectoderm (lapisan luar) dan endoderm (lapisan dalam).

c. Fase kehidupan dibagi menjadi polip (menetap) dan medusa (bergerak atau melayang).


2. Klasifikasi
a. Hydrozoa

Contoh: hydra yang hidup di air tawar dan obelia yang hidup di laut. Fase dominan adalah fase Polip.

b. Schypozoa

Contoh: Ubur-ubur (Aurelia sp) yang tubuh dewasanya berbentuk medusa sedang larvanya berbentuk polip. Siklus hidup Aurelia sp. Adalah sebagai berikut. Aurelia dewasa (medusa) akan menghasilkan gamet (sperma dan ovum) yang kemudian melebur menghasilkan zigot – larva bersilia (planula) – menempel (polip) disebut skifistoma – strobilus – membentuk efira (medusa muda) – medusa.

c. Anthozoa
Contoh: Anemon laut yang tidak memiliki fase medusa (selamanya berbentuk polip).

C. Platyhelminthes (cacing pipih)

a. Ciri

· Berbentuk simetris bilateral serta rongga tubuhnya bersifat triploblastic aselomata (mempunyai tiga lapisan t, embrional tetapi belum mempunyai selom (tongga)).

· Belum memiliki system peredaran darah dan anus

· System saraf masih sederhana dan berupa system saraf tangga tali.


b. Klasifikasi

1. Turbelaria (cacing berambut getar)

Contoh: Planaria yang hidup bebas di air tawar, mempunyaiu daya regenerasi yang tinggi, bersifat hermafrodi dan memiliki akskresi berupa sel-sel api (flame cel).

2. Trematoda (cacing hisap)
Merupakan cacing yang bersifat parasite baik pada hewan aupun manusia.
Contoh: Fasciola hepatica merupakan parasite pada hati hewan ternak dengan inang perantara siput (lymnea).
Siklus hidup.

Telur – Mirasidium – sporokista – redia – serkaria – metaserkaria – kista – cacing dewasa.


Chlonorchis sinensis merupakan parasite pada hati manusia dengan inang perantara ikan air tawar.

3. Cestoda (cacing pita)

Bersifat parasite dengan bentuk tubuh tersusun atas rangkaian segmen-segmen yang disebut proglotid. Pada bagian ujung segmen terdapat skoleks yang merupakan alat isap dan restulum merupakan alat pengait. Cestoda belum mempunyai alat pencernaan.

Contoh: Taenia solium. Inang perantaranya babi dan mempunyai pengait pada skoleks.
Taenia saginata. Inang perantaranya sapi tidak mempunyai alat pengait pada skoleks

Siklus hidup cacing pita:

Proglotid lepas keluar bersama feses manusia – tertelan oleh babi/sapi bersama makanan – menetas menjadi heksakan – menembus dinding usus menjadi sistiserkus dalam otot/daging – daging termakan manusia, sistiserkus berubah menjadi cacing dewasa dalam usus halus.


D. Nemahelminthes (Cacing gilig)

a. Ciri

Tubuh berbentuk gilig, simetri radial, dan triploblastic pseudopodia (mempunyai tiga lapisan embrional dan mempunyai selom/rongga tubuh semu)

Sudah memiliki saluran pencernaan dan memiliki reproduksi seksual
b. Umumnya cacing gilig merugikan manusia karena menjadi parasite di tubuh manusia.

Contoh:

- Ascaris lumbricoides (cacing perut), hidup parasite di usus halus manusia dan mengisap zat-zat makanan. Bentuk bulat memanjang dengan panjang tubuh sekitar 15-31 cm untuk jantan dan 20-40 cm untuk betina. Tubuhnya licin karena tertutup oleh lapisan kutikula. Penularan atau masuknya cacing ke dalam tubuh manusia melalui makanan (oral). Infeksi akut cacing ini pada manusia dapat menyebabkan kurang gizi.

- Ancylostoma duodenale dan Necator Americana (cacing tambah), hidup parasite di usus halus manusia dengan mengisap darah dan cairan tubuh pada usus halus manusia. Penularan atau masuknya larva filariform ke dalam tubuh manusia melalui pori-pori kulit. Infeksi cacing ini pada manusia dapat menyebabkan anemia (kurang darah).

- Oxyuris vermicularis (cacing kremi), penularan atau masuknya cacing ke dalam tubuh manusia melalui makanan (oral). Infeksi cacing ini ditunjukkan oleh adanya gatal-gatal di sekitar anus. Gatal-gatal terjadi karena cacing dewasa melatakkan telur di anus. Apabila digaruk, telur dapat menempel di tangan kemudian masuk kembali ke dalam tubuh melalui makanan yang dimakan menggunakan tangan. Peristiwa ini disebut autoinfeksi

- Wucheria brancrofti atau Filaria brancrofti (cacing rambut), hidup parasite di pembuluh getah bening (limpa) manusia. Penularan atau masuknya cacing ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Culex. Infeksi cacing ini dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh getah bening sehingga terjadi pembengkakan, terutama di kaki yang disebut dnegan kaki gajah.

E. Annelida (cacing gelang)

a. Ciri

Tubuh berbentuk seperti gelang-gelang (cincin), simetris bilateral, dan triploblastic selomata (mempunyai tiga lapisan embrional dan sudah mempunyai rongga sebenarnya.

Tubuh tersusun atas ruas-ruas yang disebut metameri. Setiap ruas memiliki alat ekskresi (nefridium), lubang reproduksi, otot, dan pembuluh darah.

Sudah memiliki alat pencernaan lengkap

System peredaran darah tertutup

b. Klasifikasi
1. Polichaeta


Hidup di laut. Tubuh mempunyai banyak rambut (chaeta). Contoh: cacing palolo (Eunice viridis) dan cacing wawo (Lydice oele). Keduanya sering digunakan menjadi bahan makanan orang-orang di kepulauan Maluku.

2. Oligochaeta

Hidup di tanah. Tubuh memiliki sedikit rambut (chaeta). Tubuh cacing tanah mempunyai kitelum yang berisi seluruh kelenjar. Olygochaeta sudah memiliki system peredaran darah yang berfungsi untuk mengedarkan makanan dan oksigen. Pernapasan melalui kulit. Contoh: Cacing tanah (Lumbricoides terestial) dan Pheretima sp.)

3. Hirudinae.

Tidak memiliki rambut. Dapat menghasilkan hirudin yang merupakan zat antipembekuan darah dan zat anastetik (penghilang rasa sakit). Sebagian besar hirudinae merupakan ektoparasit pada permukaan tubuh inangnya dengan mengisap darah. Namun Hirudinae juga dapat digunakan dalam kepentingan medis. Contoh: Hirudo medicinalis dan Hirudinaria javanica (lintah), serta Haemodipsa zeylanica (pacet)


F. Mollusca (Hewan bertubuh lunak)
a. Ciri

Tubuh lunak sehingga sebagian mempunyai cangkang atau cangkok yang tersusun atas CaCO3 yang berlapis-lapis. Susunan umum cangkang Molusca secara umum tampak pada gambar berikut ini.

Tubuh bersifat simetris bilateral dan bersifat triploblastic selomata.

b. Klasifikasi

1. Pelecypoda/Lamelibrachiata/Bivalvia

o Disebut Pelecypoda karena mempunyai kaki pipih, disebut lamellibranchiate karena mempunyai ingsang berlapis-lapis, dan disebut Bivalvia karena mempunyai sepasang cangkang.

o Pada bagian punggung (posterior) membesar membentuk umbo. Cangkang tersusun atas zat kapur dan mempunyai tiga lapisan, yaitu: periostrakum, prismatic, dan nakreas.

o Contoh pelecypoda, yaitu Mytilus viridis (kerang hijau), Anadara granosa (kerang darah), Asaphis derlorata (remis) dan Meleagrina margaritivera (kerang mutiara).

2. Cephalopoda
o Mempunyai kaki yang terletak di bagian kepala. Umumnya tidak mempunyai cangkang luar tetapi mempunyai cangkang dalam yang terbuat dari kapur atau kitin dan memiliki kantong tinta. Namun, chepalopoda jenis Nautilus papilus mempunyai cangkang luar dan tidak memiliki kantong tinta.

o Contoh chepalopda, yaitu Loligo indica (cumi-cumi), Sepia sp. (sotong), Octopus vulgaris (gurita), dan Nautilus pampilus.

3. Gastropoda

o Mempunyai perut yang berfungsi sebagai kaki (alat gerak), bersifat hermafrodit (mempunyai ovotestis), bernapas dengan paru-paru, dan mempunyai system peredaran darah terbuka.

o Contoh: Achatina fulica (bekicot), Vivapara javanica (keong), Vaginula sp. (siput telanjang/tidak mempunyai cangkang), dan Lymnea sp. (inang perantara Fasciola hepatica)


4. Scapopoda

Hidup di laut dan mempunyai cangkang berbentuk pipa memanjang. Contoh: Dentalium sp.


5. Amphineura

Hidup di laut dan mempunyai cangkang yang berlapis-lapis. Contoh: Chiton sp.

G. Echinodermata
a. Ciri

Echinodermata hidup di laut terutama sebagai pemakan bangkai, sehingga disebut dapat membersihkan lautan dari sisa organisme.

Simetris tubuh pada saat larva bilateral, tetapi setelah dewasa berbentuk radial. Tubuh Echinodermata tidak beruas-ruas, alat pernapasan berupa papula dan system saraf benbentuk cincin.

Bergerak dengan kaki ambulakral yang mempunyai system saluran air (system ambulakral). Aliran air pada system ambulakral adalah air masuk - madreporit – saluran batu – saluran cincin – saluran lateral – ampula.

b. Klasifikasi
1. Asteroidea disebut juga bintang laut karena berbentuk seprtii bintang dengan lima lengan. Setiap lengannya mempunyai duri-duri tumpul dan duri catut (pediselaria). Contoh: Asteroidea, Asyterias foberi.


2. Echinoidea disebut juga landak laut karena tubuhnya membulat dan mempunyai duri panjang dan tajam. Contoh: Diadema saxatile (bulu babi).

3. Ophiuroidea disebut juga bintang mengular karena bentuk seperti bintang laut tetapi lengannya panjang. Contoh: Ophiolepsis sp.

4. Crinoidea disebut juga lilia laut karena mempunyai bentuk seperti tumbuhan. Contoh: Ptilocrinus pinnatus.

5. Holothuroidea disebut juga mentimun laut karena bentuknya bulat memanjang seperti mentimum. Contoh: Holothuria ata (tripang) yang dapat dikonsumsi.

H. Arthropoda
a. Ciri

Arthropoda merupakan hewan yang memiliki kaki berbuku-buku.

Tubuh arthropoda dapat dibedakan menjadi tiga bagian yaitu caput (kepala), thoraks (dada), dan abdomen (perut). Kepala dan dada dapat menjadi satu yang disebut cephalothoraks.

Mempunyai system peredaran darah terbuka. Darah tidak berwarna merah karena tidak berfungsi untuk mengangkut oksigen. Oksigen diangkut malalui system trakea.

System ekskresi berupa kelenjar malphigi, sedangkan system sarafnya berupa system saraf tangga tali.

b. Klasifikasi

1. Crustacea (udang-udangan)

Ciri: tubuh terdiri dari cephalotoraks dan abdomen serta dilindungi oleh rangka luar yang keras. Mempunyai 10 (5 pasang) kaki jalan dan bernapas dengan insang.

Contoh: berupa zooplankton (Daphnia sp) dan bertubuh makrokospis Portunus sexdentalus (kepiting) dan udang.

2. Arachnida (Laba-laba)
Tubuh terdiri dari cepaholotoraks dan abdomen. Mempunyai 8 (4 pasang) kaki dan bernapas dengan paru-paru buku

Ada tiga ordo:

o Arachnoidea: mempunyai spinneret yang menghasilkan benag-benang. Contoh Laba-laba.

o Scorpionida: bagian abdomen segmen terakhir menjadi kelenjar racun (telson) dan pada mulut terdapat pencapit (pedipalpus) serta gigi pemotong (kalisera). Contoh Thelyphonus sp. (kalajengking)

o Acarina: abdomen bersatu dnegan cepalotoraks. Umumnya hidup sebagai parasite. Contoh Sarcoptes scabei (caplak kudis) dan caplak anjing.

3. Myriapoda

Tubuh dibedakan menjadi caput dan abdomen, tiap ruas abdomen mempunyai 1 atau 2 pasang kaki. Bernapas dengan trakea.

Dibedakan menjadi:

o Chilopoda: tiap ruas abdomen mempunyai sepasang kaki dan sepasang spirakel. Contoh Lipan (Scolopendra sp.) atau kelabang.

o Diplopoda: tiap rus abdomen mempunyai dua pasang kaki. Contoh: Julus sp. (keluwing/kaki seribu)

4. Insecta
Tubuh dibedakan atas caput, thoraks, dan abdomen. Mempunyai 6 (3 pasang) kaki pada bagian thorak atau dada serta ada yang memiliki sayap. Siklus hidup dapat berupa:

Ametabola: tidak mengalami metamorphosis (telur—muda – dewasa)

Hemimetabola: metamorphosis tidak sempurna (telur – nimfa – imago)

Holometabola: metamorphosis sempurna (telur—larva – pupa – dewasa)

Pembagian:

o Apterygota ( tidak bersayap) contoh: kutu buku

o Arkiptera (bersayap 2 pasang sama) contoh: capung dan laron

o Orthoptera (bersayap lurus) contoh: belalang.

o Hemiptera (bersayap pendek) contoh: walang sangit

o Homoptera (bersayap seragam) contoh wereng

o Neuroptera (bersayap jarring) contoh : undur-undur

o Lepidoptera (bersayap sisik) contoh : kupu-kupu

o Coleopteran (bersayap perisai/tebal) contoh: kumbang tanduk

o Hymenoptera (bersayap selaput) lebah madu

o Diptera (bersayap dua) contoh lalat dan nyamuk

o Siphonoptera ( bersayap pembuluh) contoh kutu anjing


I. Chordata

a. Ciri

Mempunyai chorda dorsalis (notochord) yaitu tali sumbu tubuh yang kemudian dapat berkembang menjadi columna vertebralis (tulang belakang)

Tubuh berbentuk simetris bilateral dan triploblastic selomata

b. Klasifikasi

1. Acraniata

Dibedakan menjadi urochordata/tunika, contoh Herdmania pallida (hidup di laut di batuan, galangan kapal atau sampan) dan cephalochordate contoh Amphioxus.

2. Vertebrata/craniate
Dibedakan menjadi dua, yaitu: agnatha (vertebrata yang tidak mempunyai rahang), contoh: lamprey dan hagfish, dan Gnathostomata (vertebrata yang memiliki rahang) yang terdiri dari:

o Chondrichthyes. Ikan bertulang rawan. Berdarah dingin (poikiloterm), jantung terdiri dari 2 ruangan. Contoh: ikan pari dan hiu

o Osteichthyes, ikan bertulang sejati. Berdarah dingin (poikiloterm), jantung terdiri dari 2 ruangan. Contoh: ikan mujair, bandeng, kakap, mas.

o Amphibian, hewan yang dapat di dua tempat, yaitu pada saat larva hidup di air dan ketika dewasa hidup di darat. Berdarah dingin (poikiloterm), jantung terdiri dari 3 ruangan. Contoh: katak dan salamander

o Reptilian, hewan melata. Berdarah dingin (poikiloterm), jantung terdiri dari 4 ruangan Contoh: ular, kura-kura, buaya.

o Aves/burung. Berdarah panas (homoikiloterm), jantung terdiri dari 4 ruangan mempunyai bulu, dan ovipar (bertelur)
o Mamalia, hewan yang menyusui atau mempunyai kelenjar susu. Mamalia dibedakan menjadi monotremata (bertelur) contoh: Platipus: Marsupial (berkantung), contoh: kanguru, dan eutheria (berplasenta), contoh: tikus dan monyet.

Soal Tengah Semester Kelas 10 Semester 2



KEANEKARAGAMAN HAYATI

1. Penyebab adanya keanekaragaman adalah…
a. adanya variasi dari faktor genetik
b. adanya variasi lingkungan yang berbeda-beda
c. interaksi faktor genetik dan faktor lingkungan
d. interaksi antara sesama faktor genetik
e. interaksi antara sesama faktor lingkungan
2. Keanekaragaman atau kekayaan jenis dapat diukur dari . . . .
a. indeks keanekaragaman
b. habitat keanekaragaman
c. spesies yang telah punah
d. laju keanekaragaman
e. populasi penyusun ekosistem

3. Dua individu yang menempati daerah yang sama dapat disebut satu spesies apabila…
a. penyusun gennya sama
b. makanan dan tingkah lakunya sama
c. dapat saling kawin dan keturunannya fertil
d. habitat dan makanannya sama
e. cara reproduksinya sama

4. Variasi jenis makhluk hidup yang terjadi secara buatan atau rekayasa genetika dapat dihasilkan melalui persilangan atau mutasi. Contohnya adalah…
a. kelapa gading
b. kelapa hibrida
c. kelapa hijau
d. kelapa kopyor
e. kelapa sawit
5. Yang merupakan aspek pencirian ekosistem adalah perbedaan . . . .
a. faktor biotiknya
b. energitika, pendauran hara, dan produktivitasnya
c. faktor-faktor fisiknya
d. faktor-faktor kimianya
e. lama hidup makhluk hidup penyusunnya

6. Di bawah ini adalah penyebab biodiversitas di Indonesia sangat unik, kecuali . . . .
a. keanekaragaman tinggi
b. memiliki hewan tipe oriental, Australian, dan peralihana
c. Indonesia kaya akan hewan dan tumbuhan impor dari negara lain
d. terdapat berbagai hewan dan tumbuhan langka
e. Indonesia kaya akan flora Malesiana
7. Keunikan hewan-hewan yang termasuk daerah Australian, yaitu . . . .
a. banyak hewan berkantung
b. terdapat berbagai jenis hewan primata
c. terdapat berbagai hewan endemic
d. spesies mamalia berukuran tubuh besar
e. terdapat berbagai jenis burung yang bersuara merdu
8. Di bawah ini adalah nama-nama hewan:
1) Harimau jawa
2) Ular sawah
3) Tikus
4) Burung maleo
5) Komodo
6) Badak bercula satu
Adapun yang termasuk hewan endemik di Indonesia adalah….
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 2 – 3 – 4 – 5
c. 3 – 4 – 5 – 6
d. 1 – 4 – 5 – 6
e. 2 – 3 – 5 – 6
9. Hewan endemik adalah hewan yang . . . .
a. ada pada berbagai wilayah
b. selalu berpindah-pinah
c. menampakkan diri pada waktu tertentu
d. ada pada wilayah tertentu
e. berada pada wilayah perbatasan
10. Kegiatan manusia yang dapat menurunkan keanekaragaman hayati adalah . . . .
a. introduksi spesies eksotik
b. reboisasi
c. pemuliaan
d. pembuatan taman-taman kota
e. konservasi plasma nutfah
11. Berikut ini yang bukan merupakan bagian dari keanekaragaman hayati, yaitu ….
a. variasi bentuk
b. variasi kromosom
c. variasi penampilan
d. variasi jumlah
e. variasi sifat

12. Berikut ini adalah pasangan spesies yang dapat menghasilkan keturunan fertil, yaitu ….
a. ayam dan itik
b. kuda dan keledai
c. kucing dan harimau
d. kucing anggora dan kucing persia
e. keledai dan zebra

13. Organisme yang hanya memiliki persebaran di suatu daerah saja dinamakan ….
a. ex situ
b. in situ
c. peralihan
d. organisme khas
e. endemik

14. Berikut adalah contoh hewan endemik dari daerah bagian timur, yaitu ….
a. macan kumbang
b. orangutan
c. bekantan
d. badak jawa
e. burung merak

15. Pelestarian yang dilakukan di habitat aslinya disebut pelestarian ….
a. in situ
b. ex situ
c. alami
d. khusus
e. cagar alam

16. Berikut adalah vegetasi khas yang terdapat pada ekosistem gurun, yaitu ….
a. tanaman semak
b. kaktus
c. rumput
d. lumut
e. tanaman paku

17. Berikut ini adalah nama ilmiah beberapa organisme.

1. Felix tigris

2. Gallus gallus domestica

3. Felix domestica

4. Oryza sativa

Dari keempat organisme tersebut manakah yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah …
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 1 dan 3

d. 3 dan 4
e. 2 dan 4

18. Upaya pelestarian keanekaragaman hayati harus mulai dilakukan dari sekarang. Berikut ini yang bukan alasan mengapa upaya pelestarian harus dilakukan adalah ….
a. semakin berkurangnya jumlah suatu spesies

b. terganggunya habitat

c. rusaknya suatu ekosistem

d. rendahnya kesadaran manusia untuk menjaga kelestarian suatu organisme

e. keanekaragaman hayati memiliki nilai komersial tinggi

19. Adanya variasi dalam satu jenis atau spesies makhluk hidup menunjukkan bukti keanekaragaman hayati. Keanekaragaman ini berdasarkan pada ….
a. tingkat gen             d. tingkat filogenik

b. tingkat jenis           e. tingkat ekologi

c. tingkat eksositem

20. Salah satu contoh hewan peralihan di Indonesia adalah ….
a. anoa

b. orangutan

c. macan kumbang
d. kadal berjumbai
e. kangguru pohon

PLANTAE


1. Berikut bukan ciri dari Regnum Plantae, yaitu…
a. memiliki kloroplas

b. dinding sel tersusun atas selulosa

c. memiliki alat reproduksi berupa bunga

d. uniseluler prokariot

e. memiliki ikatan pembuluh

2. Bagian tumbuhan yang berfungsi dalam penyerapan air dan mineral adalah…
a. batang

b. akar

c. batang primer

d. daun

e. bunga

3. Pada Bryophyta, gamet jantan dihasilkan oleh ….
a. antheridia

b. sel sperma

c. arkegonia

d. sel telur

e. spora

4. Pada tumbuhan berpembuluh, fungsi floem adalah ….

a. mengangkut air

b. mengangkut mineral

c. mengangkut sari-sari makanan

d. mengangkut sari makanan dan hasil fotosintesis

e. tempat pertumbuhan akar


5. Perhatikan bagan berikut.


X, Y, dan Z berturut-turut adalah ….

a. sperma, sel telur, protalium

b. protalium, sel telur, sperma

c. protalium, sperma, sel telur

d. sel telur, sperma, protalium

e. sporofit, sel telur, sperma

6. Mikrospora merupakan ….
a. spora berkelamin betina

b. spora berukuran besar

c. spora yang ukurannya sama

d. spora yang berflagela

e. spora berkelamin jantan

7. Tumbuhan tidak berbiji yang menghasilkan spora dengan ukuran sama disebut juga ….
a. homospora

b. heterospora

c. paku peralihan

d. Mikrospora

e. Makrospora

8. Kumpulan bulatan kecil pada tumbuhan tidak berbiji yang mengandung kotak spora disebut.
a. sporangium

b. sorus

c. sporofil

d. indusium

e. strobilus


9. Berikut adalah contoh spesies divisio Psilophyta, yaitu ….

a. Asplenium nidus

b. Marchantia

c. Lycopodium

d. Psilotum

e. Equisetum


10. Paku ekor kuda merupakan tumbuhan paku yang termasuk ke dalam divisio ….
a. Sphenophyta

b. Lycophyta

c. Psilophyta

d. Pterophyta

e. Cycadophta


11. Berikut bukan merupakan divisio dari tumbuhan Gymnospermae adalah ….
a. Coniferophyta

b. Ginkgophyta

c. Lycophyta

d. Cycadophyta

e. Gnetophyta

12. Metagenesis pada lumut didominasi oleh fase..
a. zigot

b. spora

c. sporofit

d. gametofit

e. sporofit dan gametofit

13. Selaginella merupakan paku heterospora karena ….

a. menghasilkan spora yang sama

b. menghasilkan gamet yang sama

c. menghasilkan gamet yang berbeda jenis

d. menghasilkan spora yang berbeda

e. menghasilkan spora yang berbeda jenis

14. Pada sporangium Equisetum terdapat struktur yang berbentuk kerucut yang dinamakan ….
a. sporofit

b. indusium

c. sporofil

d. strobilus

e. sorus

15. Tumbuhan berbiji telah memiliki suatu bahan yang berfungsi dalam proses pembuatan makanan. Bahan yang dimaksud adalah ….
a. air
b. mineral
c. klorofil
d. biji
e. zat hara
16. Perhatikan gambar berikut.




Dari gambar tersebut spesies yang dapat dijadikan bahan makanan adalah ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

17. Perhatikan gambar berikut.






Benang sari ditunjukan oleh nomor…

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

e. 5


18. Berikut ini yang tidak termasuk ciri dari angiospermae adalah ….

a. berbiji tertutup
b. berakar tunggang
c. bereproduksi menghasilkan mikrospora yang merupakan gamet jantan
d. bereproduksi menghasilkan megaspora yang merupakan gamet betina
e. organ reproduksi berupa bunga

Untuk soal nomor 19 dan 20, perhatikan gambar berikut.


19. Arkegonia ditunjukan oleh nomor…
a. 1
b. 3
c. 4
d. 6
e. 8

20. Pada fase sporofit, terjadi ….
a. pembentukan sporofit
b. pembentukan gametofit
c. Fertilisasi sperma dan sel telur
d. terbentuk protonema
e. terbentuk gametofit betina dewasa

21. Salah satu bentuk sporofit pada tumbuhan tidak berbiji adalah ….
a. tropofil
b. sorus
c. strobilus
d. sporangium
e. indusium

22. Perhatikan bagan berikut.




Dari bagan tersebut, fase makroprotalium ditunjukan oleh nomor ….
a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

e. 5

23. Berikut ini adalah spesies yang termasuk ke dalam anggota Coniferophyta adalah ….
a. Cycas rumphii
b. Ginkgo biloba
c. Gnetum gnemon
d. Agathis alba
e. Welwitschia

24. Berikut ini yang termasuk ciri Dicotyledones adalah ….

a. kelopak bunga berkelipatan 3
b. jaringan pembuluh membentuk satu lingkaran
c. berakar serabut
d. urat daun sejajar
e. berbiji tunggal

25. Salah satu manfaat regnum Plantae adalah sebagai hiasan (tanaman hias), contohnya adalah ….
a. Oryza sativa
b. Zea mays
c. Manihot esculenta
d. Ginkgo biloba
e. Cymbidium hookeranium

21. Tumbuhan lumut disebut sebagai peralihan dari tumbuhan berthallus ke tumbuhan berkormus karena . . ..
a. mengalami pergiliran keturunan
b. bereproduksi dengan spora
c. tidak berkambium
d. tidak memiliki berkas pembuluh
e. termasuk tumbuhan tingkat rendah

22. Pada tumbuhan paku, daun yang berfungsi menghasilkan spora adalah . . . .
a. tropofil
b. sporofil
c. sporofit
d. makrofil
e. mikrofil

23. Suatu tumbuhan dengan ciri-ciri berkayu, daun majemuk, dan bunga dengan mahkota seperti kupu-kupu termasuk . . . .
a. Orchidaceae
b. Myrtaceae
c. Papilionaceae
d. Rubiaceae
e. Arecaceae


24. Daur hidup tumbuhan lumut diawali dari spora yang jatuh di tempat yang lembap akan tumbuh menjadi . .
a. protalium
b. protonema
c. sporofit
d. sporogonium
e. tumbuhan lumut

25. Padi, jagung, rumput, alang-alang termasuk ke dalam famili . . . .
a. Poaceae
b. Malvaceae
c. Papilionaceae
d. Euporbiaceae
e. Zingiberaceae

ANIMALIA



1. Pengklasifikasian secara umum pada kingdom Animalia didasarkan pada ….
a. ada tidaknya sayap
b. ada tidaknya tulang belakang
c. ada tidaknya kaki
d. pola makan
e. pergerakan

2. Oskulum pada porifera berfungsi sebagai…
a. penyerapan air
b. masuknya makanan
c. alat pencernaan
d. pengeluaran sisa makanan
e. penyerapan makanan

3. Bagian tubuh phylum Cnidaria yang mengandung racun dan berfungsi untuk melumpuhkan musuhnya adalah ….
a. tentakel
b. mesoglea
c. medusa
d. polip
e. nematokist

4. Berikut ini hewan yang disebut juga sebagai cacing isap adalah ….
a. Trematoda
b. Cestoda
c. Turbellaria
d. Rotifera
e. Nemertea

5. Reproduksi aseksual pada planaria dilakukan dengan cara ….

a. konjugasi
b. pembelahan biner
c. tranduksi
d. fragmentasi
e. fertilisasi

6. Hewan yang termasuk dalam classis Turbellaria adalah ….

a. Schistosoma mansoni
b. Ascaris lumbricoides
c. Dugesia
d. Ancylostoma duodenale
e. Wuchereria brancofti

7. Berikut ini cacing yang tidak bersifat parasit pada manusia adalah ….
a. Hirudo medicinalis
b. Ascaris lumbricoides
c. Schistosoma mansoni
d. Trichinella spiralis
e. Oxyuris vermicularis
8. Pada Mollusca terdapat organ yang bernama radula. Radula adalah ….

a. cangkang
b. rangka luar
c. gigi
d. mantel
e. kaki
9. Contoh Cephalopoda yang memiliki cangkang adalah ….
a. Loligo
b. Octopus
c. Sephia
d. Nautilus
e. Kimax

10. Sekat yang membatasi tiap segmen pada Annelida disebut ….

a. septa
b. annulus
c. parapodia
d. sucker
e. sefal

11. Spesies yang termasuk classis Oligochaeta adalah ….
a. Hirudo medicinalis
b. Pheretima sp.
c. Lysidice oele
d. Haemadipsa javanica
e. Ascaris lumbricoides
12. Tahapan yang benar mengenai holometabola adalah …
a. telur – larva – pupa – imago
b. telur – larva – imago – pupa
c. telur – pupa – larva – imago
d. telur – imago – larva – pupa
e. telur – pupa – imago – larva
13. Jika ditemukan hewan dengan ciri bentuknya seperti bintang dengan lengan yang kaku, pada permukaan tubuhnya terdapat duri-duri pendek, dan tumpul, maka hewan tersebut tergolong dalam classis ….
a. Ophiuroidea
b. Holothuroidea
c. Crinodea
d. Echinoidea
e. Asteroidea
14. Bagaimanakah cara yang lebih baik untuk mencegah penyebaran cacing hati yang merupakan parasit pada manusia dan ternak adalah ….
a. membunuh populasi ikan
b. membunuh populasi siput
c. mencegah pengeluaran telur cacing dari kotoran ternak
d. mencegah perkembangan larva
e. membubuhkan zak kimia pembasmi larva ke dalam air kolam
15. Cacing tambang menginfeksi manusia secara aktif dalam bentuk ….
a. mirasidium
b. kista
c. telur
d. cacing dewasa
e. larva
16. Ascaris lumbricoides mendapatkan nutrisi dari manusia dengan cara ….
a. mengisap darah dari dinding usus
b. berkoloni di usus besar
c. mengisap sari makanan dari usus
d. berkoloni di lambung
e. menyisip dan mengisap darah dalam hati
17. Penyakit Anemia akut dapat disebabkan oleh parasit, yaitu ….
a. cacing ascaris
b. cacing tambang
c. Trichinella
d. Cacing kremi
e. cacing pita
18. Berikut ini yang bukan merupakan ciri Arthropoda adalah ….
a. mengalami pergantian kulit
b. memiliki rangka luar
c. sistem pencernaan lengkap
d. bernapas dengan insang, trakea atau paru-paru buku
e. peredaran darah tertutup
19. Berikut ini yang bukan ciri dari subphylum Vertebrata adalah ….
a. memiliki tulang punggung
b. tulang berfungsi sebagai pelindung
c. memiliki sistem sirkulasi terbuka
d. memiliki anggota tubuh yang berpasangan
e. memiliki sistem pengeluaran dan pernapasan yang efisien
20. Suatu individu termasuk pada classis Agnatha jika memiliki ciri ….
a. tidak memiliki rahang
b. bertulang keras
c. memiliki sepasang celah insang tertutup
d. bernapas dengan paru-paru
e. memiliki pendeteksi yang disebut linea lakteralis

21. Suatu pengamatan tentang hewan menyatakan suatu hewan memiliki ciri dapat hidup di air dan di darat, memiliki saccus vocalis, termasuk dalam organisme polikiloterm, maka hewan tersebut termasuk dalam classis ….
a. Agnatha
b. Amphibia
c. Reptillia
d. Aves
e. Mammalia
22. Contoh Mammalia bertelur dan disebut juga hewan peralihan Aves dan Mammalia adalah ….
a. opossum
b. marsupial
c. rodentia
d. Platypus
e. microceroptera
23. Subphylum yang memiliki ciri sessile, bertubuh kecil dan pendek, makan secara mikrofag adalah ….
a. Chordata
b. Vertebrata
c. Chepalochordata
d. invertebrate
e. Urochordata
24. Berikut ini persamaan Aves dan Mammalia adalah ….
a. permukaan tubuh ditutupi oleh bulu
b. kaki bersisik
c. bersifat homoioterm
d. perkembangan embiro di dalam tubuh
e. lubang ekskresi dan reproduksi menyatu
25. Contoh hewan yang bermanfaat di bidang kesehatan yaitu untuk mengisap darah pada infeksi adalah ….
a. Mus musculus
b. Pediculus capitis
c. Hirudo medicinalis
d. Cymex rotundus
e. Ascaris lumbricoides