Wujud dan Perubahan Zat



                 A.  Wujud  Zat

Zat adalah segala sesuatu yang mempunyai sifat penting, memiliki massa, dan menempati ruang.  Wujud zat dapat dibagi menjadi tiga, yaitu zat padat, zat cair, dan zat gas.   Perbedaan dari ketiga wujud tersebut dapat dilihat oada ciri-ciri berikut:


Zat  Padat
Zat Cair
Zat Gas
Bentuk dan volume selalu tetap
Bentuk berubah sesuai wadah dan volume tetap
Bentuk dan volume mudah berubah
Tersusun atas molekul yang sangat berdekatan dan teratur
Letak molekul berdekatan
Letak molekul sangat berjauhan
Gaya tarik antar molekul sangat kuat
Gaya tarik antar molekul lemah
Gaya tarik antar molekul sangat lemah
Gerakan molekul hanya bergetar di sekitarnya
Gerakan molekul lebih bebas
Molekul bergerak acak sehingga memenuhi ruang
Contoh: batu, kapur tulis, besi dan es
Contoh: air, minyak, dan air raksa
Contoh: uap air, gas, oksigen, dan gas karbondioksida

    B.  Perubahan Zat

Pada saat tertentu, umumnya zat berada dalam satu wujud zat saja. tetapi, zat berubah                                                                                dari wujud yang satu ke wujud yang lain. 



1.       Melebuh atau meleleh adalah perubahan dari wujud padat menjadi wujud zat cair. Misalnya, mentega berbuah menjadi minyak ketika dimasukkan ke dalam penggorengan. Ini artinya perubahan dari padat ke cair membutuhkan kalor (energi).

2.      Membeku adalah perubahan dari wujud cair menjadi wujud padat. Misalnya, air menjadi es dalam lemari es. Ini artinya perubahan ini melepas kalor (energi)
3.      Menguap adalah perubahan dari wujud cair menjadi wujud gas. Contohnya, air menjadi uap air ketika dipanaskan. Ini berarti perubahan ini membutuhkan kalor (energi).

4.      Mengembun adalah perubahan dari wujud gas menjadi cair. Contohnya, embun di pagi hari terbentuk karena perubahan uap air di udara menjadi air. Perubahan ini tidak memerlukan kalor (melepas) kalor.

5.      Menyublim adalah perubahan dari wujud padat menjadi wujud gas. Contohnya, penguapan kapur barus. perubahan ini membutuhkan kalor.

6.      Mengkristal atau menyublim adalah perubahan dari wujud gas menjadi wujud padat. Contohnya, perubahan uap air menjadi salju. Perubahan ini tidak memerlukan energi atau melepas kalor





0 comments:

Post a Comment

Mohon komentar buat perbaikan blog ini. TERIMA KASIH.